UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Written By admin on 5.30.2020 | 30.5.20



UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University



UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University sekarang sudah masuk era revolusi industri 4.0. semua informasi berubah secara cepat, dari segala bidang seperti pertanian,pertambangan juga termasuk ilmu pengetahuan didalamnya. Bukan hanya dirasakan oleh negara-negara maju, juga berpengaruh kepada negara berkembang.


Di era digital seperti sekarang ini, dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi bersaing untuk menjadikan kampus berbasis teknologi. Ini dilakukan untuk mewujudkan supaya kampus tersebut bisa mendapat gelar “word class university” . kampus cyber atau cyber university sudah lama sejak 2018 digaungkan oleh Menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Menristekdikti) kala itu Bapak Mohamad Nasir.

Revolusi industri sekarang mau tidak mau harus dihadapi. Jangan gaptek alias gagap tekhnologi untuk menghadapinya. Karena memang sekarang semua serba cepat, era disruptif sehingga memunculkan terciptanya peluang-peluang baru. Era digital ini bukan hanya berpengaruh di bidang industri saja, tetapi juga sudah masuk ke segala penjuru kehidupan manusia tanpa terkecuali, termasuk kedalam dunia pendidikan.
 

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University


Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan salah satu universitas terbaik yang terletak di Kalimantan Barat. Sudah berdiri sejak 1959 tepatnya tanggal 20 Mei, Universitas Tanjungpura sudah banyak menorehkan berbagai prestasi. Melalui berbagai prestasi di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Tanjungpura dikenal masyarakat sebagai perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik.

UNTAN juga merupakan universitas pertama yang ada di Kalimantan Barat dengan kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Teknologi yang digunakan UNTAN merupakan salah satu langkah yang dikembangkan UNTAN untuk menjadi universitas siber yang setara dengan universitas siber terbaik yang ada di segala penjuru dunia.
 

Visi Misi Universitas Tanjungpura (UNTAN)


UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university dengan visi ingin menjadi intstitusi preservasi serta pusat informasi ilmiah di wilayah Kalimantan Barat. Luaran yang dihasilkan diharapkan memiliki moral Pancasila yang dapat berkompetisi di tingkat dunia, mulai dari tingkat daerah hingga tingkat internasional.

Sedangkan misi yang ingin dicapai UNTAN meliputi:

 
Dapat melaksanakan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang mampu mengeluarkan luaran terbaik dan berkualitas serta memiliki moral Pancasila agar dapat mengikuti, melakukan pengembangan, dan memberikan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi sebuah institusi preservasi dan pusat informasi di Kalimantan Barat dengan cara menyelenggarakan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Fakultas di Universitas Tanjungpura (UNTAN)


Untuk membantu mewujudkan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university, UNTAN memiliki 9 fakultas terbaik yang menjadi tempat mahasiswa untuk bereksplorasi dan berinovasi dengan kreativitas serta kecerdasan. 9 fakultas tersebut antara lain:

    Fakultas Hukum


Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dipimpin oleh seorang dekan yakni Dr. Sy. Hasyim Azizurahman, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum beralamat di Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak 78124. Program studi yang ada di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura di tingkat sarjana hanya ada satu, yakni Ilmu Hukum.

Sedangkan di tingkat pascasarjana, terdapat satu program studi yakni Magister Hukum. Menjadi lembaga pusat pembelajaran hukum di Kalimantan Barat di tahun 2020 merupakan visi yang ingin dicapai Fakultas Hukum UNTAN. Melalui visi tersebut diharapkan dapat menghasilkan SDM yang lebih berkualitas untuk bisa bersaing di kancah lokal hingga internasional.

Diharapkan dengan adanya pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan melalui perencanaan dapat menghasilkan lulusan Universitas Tanjungpura yang terbaik dengan standar kompetensi akademik yang tinggi.

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)


Didirikan pada tahun 1959, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi fakultas tertua di Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat. Saat ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dipimpin oleh Dr. Hj. Jamaliah, SE. MSi sebagai dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis saat ini. Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu Pusat Informasi Ekonomi yang ada di Kalimantan Barat.

Melalui pengembangan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, diharapkan tercetaknya lulusan-lulusan Universitas Tanjungpura yang kompeten dalam rangka membangun kondisi perekonomian di Indonesia menjadi lebih baik.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura memiliki tiga strata pendidikan yang terbagi ke dalam:
 
  1. Sarjana (S1) dengan 4 program studi yakni Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Islam
  2. Magister (S2) dengan 4 program studi yakni Magister (S2), Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi, dan Magister Akuntansi.
  3. Doktor (S3) dengan 2 program studi yakni Doktor Ilmu Ekonomi dan Doktor Ilmu Manajemen

    Fakultas Pertanian


Dipimpin oleh seorang dekan bernama Prof. Dr. Ir. Hj. Denah Suswati, M.P, Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam bidang pertanian pada tahun 2020. Untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai, Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura terus melakukan pengembangan ilmu pertanian baik di daerah lokal maupun tingkat nasional.

Beberapa program studi yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura antara lain:
  1. Tingkat Diploma, dengan program studi Budidaya Tanaman Pertanian
  2. Tingkat Sarjana, dengan program studi Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Tanah, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, serta Manajemen Sumber Daya Perairan
  3. Tingkat Magister, dengan program studi Magister Agroteknologi dan program studi Magister Agribisnis

    Fakultas Teknik


Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura saat ini dipimpin oleh dekan Dr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, MT. Fakultas Teknik sebagai salah satu fakultas yang memiliki visi mencetak lulusan yang kompeten di bidangnya untuk kebutuhan lokal maupun regional, mendidik siswa dalam mengembangkan keterampilannya dengan baik.

Selama belajar di Fakultas Teknik, siswa dibimbing agar dapat menguasai teknologi sebagai kontribusi kreativitas untuk kehidupan sosial yang lebih baik. Untuk mendidik siswa menjadi lulusan yang kompeten, Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura memiliki beberapa program studi yang bisa diambil baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Beberapa program studi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura yakni:
  1. Di tingkat Sarjana terdapat 11 program studi yakni Elektro, Informatika, Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Kelautan, Teknik Mesin, Perencanaan Wilayah Kota, dan Teknik Kimia.
  2. Di tingkat Pascasarjana terdapat dua program studi yakni Magister Sipil dan Magister Elektro.

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Lulusan yang dihasilkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diharapkan mampu bersaing secara kompeten dalam rangka memenuhi kebutuhan lokal dan nasional. Visi yang ingin dicapai Fakultas ISIP yakni mampu menjadi lembaga politik, sosial, dan budaya di Kalimantan Barat pada tahun 2020.

Untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai, FISIP membuka beberapa program studi dari tingkat Diploma hingga tingkat Pascasarjana.
 
  1. Di tingkat Diploma terdapat 3 program studi yakni Administrasi Perkantoran, Kesekretariatan, dan Kearsipan
  2. Di tingkat Sarjana terdapat 8 program studi meliputi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Sosiatri, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Antropologi Sosial
  3. Di tingkat Pascasarjana terdapat 3 program studi yakni Magister Ilmu Administrasi Negara, Magister Ilmu Sosiologi, dan Magister Ilmu Politik

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)


Tenaga pendidik yang berkualitas dan kompeten sangatlah penting dalam mencetak generasi bangsa yang cerdas dan mampu bersaing di lingkungan global. Untuk itu, Universitas Tanjungpura melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diharapkan dapat menjadi lembaga pendidik yang dapat mencetak guru atau pendidik melalui pendidikan dan penelitian secara teladan yang berimbang.

Hal tersebut dilakukan secara efektif, restrukturisasi, serta menggunakan sistem deregulasi melalui beberapa program studi yang ada di FKIP, antara lain:

    Tingkat Diploma meliputi program studi Perpustakaan
    Tingkat Sarjana meliputi 19 program studi yakni:

    Pendidikan Ekonomi
    Pendidikan Fisika
    Pendidikan Kimia
    Pendidikan Matematika
    Pendidikan Biologi
    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Pendidikan Bahasa Inggris
    Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Bimbingan Konseling
    Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
    Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
    Pendidikan Sosiologi
    Pendidikan Seni Tari dan Musik
    Pendidikan Bahasa Mandarin
    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Pendidikan Geografi
    Pendidikan Sejarah
    Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Pendidikan IPS

    Tingkat Pascasarjana (Magister) meliputi 8 program studi, yakni:

    Administrasi Pendidikan
    Teknologi Pembelajaran
    Pendidikan Sosiologi
    Pendidikan Bahasa Indonesia
    Pendidikan Ekonomi
    Pendidikan Matematika
    Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Pendidikan Bahasa Inggris

    Fakultas Kehutanan


Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura dengan visinya menjadi lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan dalam bidang riset serta pengembangan ilmu kehutanan supaya mampu digunakan dalam upaya pertumbuhan serta kesejahteraan masyarakat.

Melalui pendidikan berbasis teknologi yang modern, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai kebutuhan lokal hingga internasional. Beberapa program studi yang terdapat di Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura yakni Kehutanan (S1), Ilmu Kehutanan (S2), dan Ilmu Lingkungan (S2).

    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)


Sebagai penghasil ilmuwan terbaik dalam bidang ilmu pengetahuan alam, Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura memiliki sistem pendidikan yang dapat mengarahkan siswa melalui didikan, penelitian, serta pengembangan ilmu pasti di lingkungan.

Arahan yang diberikan sesuai dengan visi yang ingin dicapai FMIPA UNTAN, yakni menjadi lembaga ilmu pengetahuan yang bersifat pasti serta ekstensi untuk menelurkan lulusan dengan karakter yang unggul untuk bisa bersaing baik dalam kancah lokal hingga kancah internasional.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam rangka UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university sesuai tujuan memiliki 9 program studi di tingkat Sarjana (S1) dan 1 program studi di tingkat Magister (S2). Program studi tersebut meliputi:
 
  1. Sistem Komputer, Statistik, Geofisika, Sistem Informasi, Ilmu kelautan, Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi di tingkat Sarjana (S1)
  2. Program studi Kimia di tingkat Magister (S2)

    Fakultas Kedokteran


Sebagai fakultas yang mengharapkan terciptanya lulusan yang kompeten dalam bidang kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura mendidik siswa dengan memfasilitasi pengetahuan dasar dalam bidang kesehatan. Tak hanya pengetahuan dasar saja yang didapatkan, melainkan siswa juga diharapkan untuk menerapkan pengetahuan yang didapatkan dengan praktik di lapangan.

Untuk meningkatkan kinerja lulusan, Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura menyediakan pengetahuan profesional dan keterampilan. Terdapat 5 program studi jenjang Sarjana yang dapat diambil siswa yakni Pendidikan Dokter, Farmasi, Farmasi (Profesi), Keperawatan, dan Keperawatan (Profesi).

Keunggulan Universitas Tanjungpura (UNTAN)


Beberapa alasan mengapa Universitas Tanjungpura dikatakan sebagai universitas terbaik adalah adanya keunggulan yang dimiliki UNTAN. Keunggulan yang dimiliki UNTAN antara lain:

    Memiliki Akreditasi yang Baik


Akreditasi merupakan hal yang sangat penting bagi lulusan universitas karena menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika melamar pekerjaan. Untuk itu, Universitas Tanjungpura akan membantu lulusannya terutama karena memiliki akreditasi yang baik. Akreditasi B merupakan akreditasi yang banyak didapatkan oleh hampir sebagian program studi.

Bahkan beberapa program studi telah terakreditasi A. Akreditasi yang didapatkan UNTAN diharapkan dapat meningkat menjadi nilai sempurna ke depannya.

    Bertempat di Lokasi yang Strategis


Tak dapat dipungkiri lagi bahwa lokasi suatu lembaga pendidikan sangatlah diutamakan saat memilihnya. Pandangan orang mengenai Kalimantan Barat mungkin belum begitu benar dipahami. Oleh karena itu, di sini ditekankan bahwa Universitas Tanjungpura terletak di lokasi yang strategis. Sehingga calon mahasiswa tidak perlu khawatir mengenai akses transportasi umum dan sebagainya.

Untuk calon mahasiswa yang belum pernah menginjakkan kaki di Pontianak tak perlu khawatir karena UNTAN berada di jantung kota Pontianak. Lokasinya dekat dengan Mall dan Bandara Internasional Supadio yang bisa ditempuh hanya sekitar dua puluh menit dari lokasi kampus. Selain fasilitas tersebut banyak juga pusat keramaian yang dapat dijadikan sebagai tempat refreshing.

    Memiliki Lingkungan Kampus yang Asri


Letaknya yang berada di jantung kota tidak menjadikan lingkungan kampus terasa panas dan gersang. Justru lingkungan yang dimiliki UNTAN sangatlah nyaman karena terasa asri dan tertata dengan cukup baik. Unsur keseimbangan yang diperhatikan dengan baik menjadikan lingkungan kampus menjadi lingkungan yang nyaman untuk belajar mahasiswa.

    Memiliki Fasilitas Olahraga yang Unik


Lapangan futsal dan basket sudah menjadi hal yang wajar jika sebuah kampus memilikinya. Namun bagaimana jika sebuah kampus memiliki arena skateboard dan Sepeda BMX? Tentu sangat unik dan terlihat berbeda dengan yang lainnya. Itulah arena olahraga unik yang dimiliki oleh UNTAN di dalam Taman Digulis.

Selain fasilitas unik tersebut, terdapat fasilitas olahraga lain yang jarang sekali dimiliki sebuah perguruan tinggi. Fasilitas tersebut di antaranya adalah lapangan tenis serta driving range olahraga golf yang terletak di belakang kantin UNTAN. Mahasiswa juga bisa berolahraga kapanpun meski hanya sekedar jogging di jogging track yang tersedia dengan nyaman dan murah.

    Unsur Budaya yang Sangat Kental


Slogan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university tak menjadikan UNTAN lupa dengan budaya yang dimiliki Indonesia. Hal tersebut tercermin dalam unsur budaya yang sangat kental di lingkungan kampus. UNTAN memang kampus yang modern namun penampakan fisik bangunan, ornamen, serta simbol-simbol yang digunakan sangatlah kental dengan unsur tradisional.

Tak hanya dari segi bangunan dan ornamen saja, UNTAN juga kaya akan keberagaman dalam kehidupan sosialnya. Masyarakat Melayu yang hidup berdampingan secara harmonis dengan Masyarakat Dayak mencerminkan keanekaragaman budaya yang dimiliki lingkungan kampus UNTAN yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat tersebut.

UNTAN Cyber University di KALBAR


Dalam membangun masyarakat modern yang dimulai dari universitas, UNTAN melakukan segala upaya untuk menjadikan lingkungan kampus menjadi lingkungan berbasis teknologi. UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university melalui penerapan teknologi informasi dalam segala lini kehidupan kampus.

UNTAN mencoba melakukan pengembangan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mengarah pada integrasi digital kampus. UNTAN juga sudah menyediakan e-learning yang dapat digunakan sebagai media belajar mahasiswa yang diharapkan dapat mempermudah dalam belajar serta memperoleh informasi.

Melalui e-learning tersebut mahasiswa dan dosen dapat melakukan proses pembelajaran berbasis online. Setiap mata kuliah tertentu akan ditentukan dosen sebelum diaktifkan di e-learning UNTAN. Pengisian mata kuliah juga dapat dilakukan secara online di manapun dan data-data juga akan disimpan di dalam SIAKAD UNTAN.
 

Jadwal dan Persyaratan Seleksi Mandiri Untan 2019

Setelah melakukan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Tanjungpura (Untan) kembali membuka Seleksi Mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru. Pendaftaran Seleksi Mandiri dilakukan secara online, mulai tanggal 20 Mei 2019 sampai dengan tanggal 20 Juni 2019 dan persyaratan, jadwal ujian serta tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://scmb.untan.ac.id.
 
 
Sumber:
1. wanitadigital.com/kampus-cyber-di-kalimantan-universitas-tanjungpura-namanya/
2. irwinday.web.id/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university/ 
Blog, Updated at: 30.5.20

0 komentar:

Post a Comment

Thank's for a commands :)