Kampus UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Written By admin on 5.24.2020 | 24.5.20

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Di tengah perkembangan dan kemajuan digital yang begitu pesat, UNTAN memiliki slogan dan program yang sangat menarik. Slogan dan program tersebut adalah UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Terbaik di Indonesia.

Hadirnya slogan dari program dengan tagline bersama UNTAN membangun ekosistem digital menuju universitas siber terbaik bermula pada fakta bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan teknologi memang terus mengalami peningkatan.
Hal ini bisa dibuktikan dengan keberadaan perguruan tinggi di berbagai daerah, mulai kampus negeri hingga swasta yang mulai membasiskan pelayanan mereka pada menggunakan berbagai unsur digital.
Apabila dijumlahkan ada sekitar 4.504 perguruan tinggi dengan rincian 122 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 3.136 perguruan tinggi swasta (PTS). Dilihat dari jumlah tersebut sudah diketahui jika jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) jauh lebih banyak.
Universitas Tanjungpura atau UNTAN merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia, tepatnya di kota Pontianak Kalimantan Barat.

Seperti yang diketahui, saat ini UNTAN membangun ekosistem digital untuk menuju Universitas Siber secara bertahap. Beberapa waktu yang lalu istilah Cyber University atau Cyber Campus pernah disinggung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir.
Istilah tersebut disampaikan pada pembukaan acara Rapat kerja Nasional (Rakernas) Kemenristekdikti tahun 2018. Menristekdikti berharap kepada universitas di Indonesia untuk tanggap dalam menghadapi era literasi digital seperti saat ini.
Lalu apa arti Cyber University? Upaya untuk menjadikan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi. Upaya untuk mewujudkan tercapainya Cyber University harus diterapkan di semua lini. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, sarana dan prasarana serta pelayanan. Semua hal tersebut dikembangkan dengan berbasis teknologi.
Salah satu Cyber University yang telah diterapkan yaitu pada sistem pembelajaran. Contohnya adalah penggunaan powerpoint dalam pembelajaran dan presentasi di depan kelas. Penggunaan powerpoint ini akan membuat presentasi di depan kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Contoh lainnya bisa dilihat dari pembuatan situs kampus atau dikenal dengan nama website.
Keberadaan website tersebut sangat membantu mahasiswa dalam melihat segala informasi tentang kampusnya, mulai dari profil kampus, sejarah, prestasi, dan sebagainya.
Bukan hanya itu saja, contoh penerapan UNTAN membangun ekosistem digital Cyber University yaitu Sistem Informasi Akademik atau SIAKAD. Sistem ini mempermudah mahasiswa dalam menginput KRS secara online sehingga bisa dilakukan dimana saja meski sedang berada di luar kota atau kampung halaman.
Selain itu, mahasiswa juga bisa melihat KHS dan mengecek daftar kehadirannya. Dari penjelasan tersebut diharapkan sudah sedikit memahami pengertian Cyber University.

Universitas Tanjungpura berdiri pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional. Pada awal berdirinya, kampus ini hanya memiliki 2 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Untuk tenaga pengajar di awal berdiri adalah para sarjana muda yang ada di Kalimantan Barat.
Pada 16 Mei 1963 status Universitas Daya Nasional statusnya berubah menjadi kampus negeri dengan nama Universitas Negeri Pontianak. Perubahan status tersebut berdasarkan Surat Keputusan dari Menteri PTIP No 53 Tahun 1963. Namun penetapan sebagai Universitas Negeri Pontianak pada tanggal 20 Mei 1963 bersamaan dengan hadirnya dua fakultas baru.
Kedua fakultas tersebut yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Bertepatan pada tanggal tersebut juga ada perubahan Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. Pada tahun 1965 bersama dengan situasi politik RI yang mencekam, Universitas Negeri Pontianak diubah menjadi Universitas Dwikora.
Perubahan tersebut berdasarkan Surat keputusan Presiden RI No 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965. Perubahan nama tersebut juga sekaligus menandai pembukaan fakultas baru, yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol).
Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No 171 Tahun 1967 Universitas Dwikora berubah nama lagi menjadi Universitas Tanjungpura ( UNTAN). Nama tersebut berasal dari nama salah satu kerajaan di Kalimantan Barat. Saat ini Universitas Tanjungpura sudah memperoleh peringkat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
UNTAN telah memiliki 95 program studi dan 9 fakultas. Kesembilan fakultas tersebut adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Keseluruhan fakultas dan program studi yang disediakan untuk jenjang S1, S2, S3 dan D1, D3, D4.
Blog, Updated at: 24.5.20

0 komentar:

Post a Comment

Thank's for a commands :)